blog


Kasih Sayang

Posted by tole165 | 11:34 AM | 0 comments »

Apakah bisa seorang korban perkosaan, atau korban penjarahan, yang rumahnya dibakar, mendoakan pembakarnya atau orang yang menyakitinya? Apakah bisa dia memberikan cinta kasihnya?. Kalu kita bicara teori, seharusnya memang begitu. Agama manapun mengajarkan, balaslah mereka yang melakukan kekerasan dengan kebaikan. Memang seharusnya kita mendoakan, seharusnya kita cinta kasih, seharusnya memaafkan, seharusnya tidak boleh marah, seharusnya tidak emosi. Seharusnya, menurut agama, kita semua ini menjadi orang saleh! Seharusnya.Tetapi, kita juga harus melihat bagaimana kenyataan. Kenyataan, kita bukan orang saleh. Kita sulit sekali mempunyai pikiran yang penuh cinta kasih kepada orang yang memusuhi kita, yang mengganggu, yang ingin membunuh kita.

Kami ingin memberi contoh. Cobalah anda melihat seorang pencuri yang dengan cerdik mencuri barang-barang anda atau merampas milik anda. Kalau boleh kami bertanya kepada pencuri itu, " Hai Saudara, bukankah engkau mencuri, melakukan perbuatan buruk?"

" Ya, saya tahu apa yang saya lakukan ini sesuatu yang tidak baik."
" Mengapa engkau melakukannya?"
" Saya mencuri karena saya ingin mengurangi penderitaan saya."

Kami percaya, tidak ada orang yang mencuri karena ingin menambah penderitaan. Tidak ada pencuri yang mencuri karena ingin tertangkap, kemudian dipukuli beramai-ramai, lalu dijebloskan kedalam penjara. Sekalipun dia mencuri, itu karena dia juga ingin : MENGURANGI PENDERITAAN, INGIN BAHAGIA. Memang cara untuk meraih kebahagiaan yang ditempuh adalah cara yang salah, karena cara yang dia tempuh justru sebenarnya malah akan mengakibatkan dirinya menderita dan membuat kesulitan bagi orang lain. Meski berakibat demikian, tujuan dia mencuri adalah karena dia ingin bahagia. Tidak ada pencuri yang mencuri untuk mencari kesengsaraan.

Sebagai sesama manusia, kita semua menginginkan kebahagiaan. Kalau kita mau merenungkan dengan jujur apa yang telah kami uraikan diatas, maka akan tibul rasa kasihan, kasih sayang yang alami, kasih sayang yang wajar terhadap mereka yang berbuat kejahatan untuk mengurangi penderitaan, untuk mencari kebahagiaan. Bukan kebencian yang harus dialamatkan kepada mereka yang salah jalan itu. Kasih sayang itu akan tumbuh dari dalam diri kita setiap saat kita melihat atau bertemu dengan orang yang sakit, fisik maupun mentalnya, yang menderita. Kasih sayang itu tidak dibuat-buat, tidak dipaksa-paksakan; tetapi kasih sayang yang alami. Kasih sayang alami itu timbul karena kita menyadari bahwa siapapun adalah sesama manusia, sama seperti kita, sama seperti anda, sama seperti saya, yang sama sama juga menginginkan kebahagiaan, tidak ingin hidup menderita. Karena itu, meskipun mengetahui mereka mencari kebahagiaan dengan cara yang salah, bukan kebencian yang timbul dalam diri kita, tetapi justru rasa kasihan, kasih sayang.

Semua agama, semua kepercayaan mengajarkan cinta kasih: " Janganlah engkau membenci, janganlah engkau memusuhi orang lain, karena mereka juga manusia seperti engkau, meskipun mereka membencimu, memusuhimu, janganlah engkau marah pada mereka."

Kita adalah sesama manusia yang memang tidak sama, tetapi tidak sepenuhnya berbeda. Kita semua adalah manusia. Seperti juga kita, mereka pun menginginkan kebahagiaan. Dengan menyadari ini, maka akan timbul kasih sayang yang sejati. Kasih sayang yang bukan kita jalankan karena semata-mata takut pada agama, kasih sayang yang tidak dipaksakan karena itu sudah perintah agama, tetapi kasih sayang yang yang muncul dari yang MAHA PENGASIH , PENYAYANG dan telah ada dalam diri kita semua.


0 comments

Dictionary