blog


Umur Kita

Posted by tole165 | 11:38 AM | 0 comments »

Kalau kita tidur jam 10 malam dan bangun jam 4 pagi kita tidur selama 6 jam. Satu hari ada 24 jam dan 25% dari 24 jam itu kita pergunakan untuk tidur. Jadi, kalau sekarang umur kita 20 tahun, nanti seandainya kita meninggal 60 tahun; kita mempunyai sisa hidup 40 tahun. Dari sisa umur 40 tahun itu, 10 tahun kita gunakan untuk tidur, 30 tahun kita gunakan untuk melakukan sesuatu. Dan berapakah 30 tahun itu? 30 tahun itu kurang lebih 10 ribu hari. Jadi, kalau sekarang umur anda 20 tahun dan nanti seandainya pada umur 60 tahun baru meninggal, kesempatan Anda untuk melakukan sesuatu tinggal 10 ribu hari lagi, dan 10 ribu itu hanyalah 1000 kali 10. Tidak banyak.Itu kalau anda meninggal pada umur 60 tahun, kalu anda meninggal seminggu lagi bagaimana? Perhitungan diatas itu, kalau yang umurnya sekarang ini 20 tahun; yang sudah berunur 50 tahun bagaimana? Tinggal hitung saja. Hidupnya masih 10 tahun lagi 2 1/2 tahun untuk tidur. Sisanya 7 1/2 tahun. 7 1/2 setengah tahun itu berapa hari? 7 1/2 tahun itu kurang lebih 3 ribu hari saja.

Kematian memang menakutkan karena kematian itu dipandang sebagai perubahan yang fatal. Tetapi sebaliknya, orang modern kalau sudah buntu, tidak mempunyai lagi jalan keluar untuk menyelesaikan persoalan, maka kematian dipandang sebagai sahabat. Bunuh diri menjadi jalan satu satunya karena menganggap bahwa kematian itu adalah selesainya kehidupan ini. Kami yakin, tidak ada satu agama pun yang mengajarkan kalau mati itu habis. Kematian sesungguhnya hanyalah salah satu dari fenomena perubahan. Kehidupan masih berlangsung terus dalam bentuknya yang lain. Mengapa takut menghadapi kematian? tetapi memang, bukan berarti kita harus berani mati. Hadapilah kematian sebagai sesuatu yang wajar. Tidak perlu berani mati. Tetapi, tidak bijaksana juga untuk takut mati. Mati hanyalah perubahan dalam proses kehidupan ini.

Hidup kita singkat. Dan kematian bisa datang setiap saat. Tidak ada tawar menawar dengan kematian. Kehidupan ini berjalan terus. Kehidupan tidak akan menunggu kita sadar. Kalau kehidupan itu sudah terhenti, itulah kematian. Apa yang ada dibalik kematian, kita masih samar-samar. Kemana sesudah kematian, sekarang kita juga tidak tahu. Tetapi, kematian itu adalah sesuatu yang pasti.

Oleh karena itu, marilah kita menggunakan kematian yang pasti akan terjadi itu untuk memotivasi mental kita. Bukan membiarkan begitu saja saat kematian yang pasti datang, hingga membuat mental kita kecut, takut, kemudian tidak bersemangat, menunggu tua, menghitung hari, tetapi gunakanlah bayang-bayang kematian untuk memotivasi mental kita.



0 comments

Dictionary